FRASISCA, NUR YULIARINI and , Drs. Surtikanti, M.Pd. (2015) Upaya Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Mendongeng Pada Anak Kelompok B Di Tk Tanggan 1 Sragen (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Di Tk Tanggan 1 Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (halaman depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (549kB) |
|
PDF (bab 1)
04. BAB I.pdf Download (122kB) |
|
PDF (bab 2)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
PDF (bab 3)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (974kB) |
|
PDF (bab 4)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (bab 5)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
PDF (daftar pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan)
01. SURAT PERNYATAAN KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
Abstract
Kemampuan sosial emosional dapat meningkat melalui mendongeng. Adanya teknik mendongeng yang bervariasi dan bisa digunakan untuk mendongengkan anak, anak akan tertarik dan memahami apabila penyampaian mendongeng yang bervariasi itu bisa digunakan sesuai kebutuhan anak. Sehingga melalui mendongeng yang bervariasi sangat mudah untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa mendongeng dapat meningkatkan sosial emosional anak. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas B TK Tanggan I, Sragen sebagai penerima tindakan. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan-keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga diperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah berupa sikap anak pada saat kegiatan mendengarkan dongeng hasilnya baik. Kesimpulan penelitian bahwa mendongeng dapat meningkatkan sosial emosional pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase peningkatan sosial emosional dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan 40,62 %, siklus I mencapai 68,12 %, siklus II mencapai 81,64 %. Oleh karena itu mendongeng sangat efektif digunakan untuk meningkatkan sosial emosional. Hal ini karena pembelajaran mendongeng sangat diminati anak dan anak antusias pada saat diberi pembelajaran mendongeng.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak, Mendongeng, Peningkatkan, Sosial Emosional, |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Frasisca Nur Yuliarini |
Date Deposited: | 17 Jun 2015 03:30 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 02:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33387 |
Actions (login required)
View Item |