Upaya Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Mendongeng Pada Anak Kelompok B Di Tk Tanggan 1 Sragen (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Di Tk Tanggan 1 Sragen)

FRASISCA, NUR YULIARINI and , Drs. Surtikanti, M.Pd. (2015) Upaya Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Mendongeng Pada Anak Kelompok B Di Tk Tanggan 1 Sragen (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Di Tk Tanggan 1 Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (halaman depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (549kB)
[img] PDF (bab 1)
04. BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (bab 2)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (bab 3)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] PDF (bab 4)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (bab 5)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (daftar pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
01. SURAT PERNYATAAN KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)

Abstract

Kemampuan sosial emosional dapat meningkat melalui mendongeng. Adanya teknik mendongeng yang bervariasi dan bisa digunakan untuk mendongengkan anak, anak akan tertarik dan memahami apabila penyampaian mendongeng yang bervariasi itu bisa digunakan sesuai kebutuhan anak. Sehingga melalui mendongeng yang bervariasi sangat mudah untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa mendongeng dapat meningkatkan sosial emosional anak. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas B TK Tanggan I, Sragen sebagai penerima tindakan. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan-keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga diperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah berupa sikap anak pada saat kegiatan mendengarkan dongeng hasilnya baik. Kesimpulan penelitian bahwa mendongeng dapat meningkatkan sosial emosional pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase peningkatan sosial emosional dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan 40,62 %, siklus I mencapai 68,12 %, siklus II mencapai 81,64 %. Oleh karena itu mendongeng sangat efektif digunakan untuk meningkatkan sosial emosional. Hal ini karena pembelajaran mendongeng sangat diminati anak dan anak antusias pada saat diberi pembelajaran mendongeng.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak, Mendongeng, Peningkatkan, Sosial Emosional,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Frasisca Nur Yuliarini
Date Deposited: 17 Jun 2015 03:30
Last Modified: 08 Oct 2021 02:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33387

Actions (login required)

View Item View Item