Analisis Rpp Aspek Fasilitas Dan Sumber Belajar Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Oleh Guru Ipa Di Mts Negeri Surakarta II Tahun Pelajaran 2014/2015

Kristiyaningsih, Ani and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2015) Analisis Rpp Aspek Fasilitas Dan Sumber Belajar Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Oleh Guru Ipa Di Mts Negeri Surakarta II Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (759kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (955kB)
[img] PDF (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
surat pernyataan naskah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsung dan dengan menggunakan kurikulum 2013 menuntut guru lebih kreatif dan inovatif. Fasilitas dan sumber belajar adalah komponen pendukung dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi pemanfaatan fasilitas dan sumber belajar oleh guru IPA dalam implementasi kurikulum 2013 selama proses pembelajaran di MTs Negeri Surakarta 2 Tahun 2014/2015. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data berupa dokumentasi RPP guru IPA, observasi dan wawancara dengan guru IPA di MTs Negeri Surakarta II. Data berupa macam-macam pemanfaatan fasilitas dan sumber belajar yang digunakan oleh guru IPA pada RPP dan pelaksanaan pembelajaran, dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian rata-rata pemanfaatan fasilitas yang digunakan oleh guru IPA pada penyusunan RPP ada tiga komponen dengan total 51,38% (B) dan pemanfaatan sumber belajar ada empat komponen dengan total 51,73% (B). Rata-rata Pemanfaatan fasilitas belajar pada pelaksanaan pembelajaran oleh guru IPA ada tiga komponen dengan total 64,81% (B), dan pemanfaatan sumber belajar ada tiga komponen dengan total 85,16% (SB). Kesimpulan, fasilitas yang digunakan oleh guru IPA pada penyusunan RPP termasuk kategori baik (51,38%) dan pemanfaatan sumber belajar termasuk kategori baik (51,73%). Pemanfaatan fasilitas belajar pada pelaksanaan pembelajaran oleh guru IPA 64,81% (baik), dan pemanfaatan sumber belajar 85,16% (sangat baik).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan, fasilitas, sumber belajar, kurikulum 2013, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ani Kristiyaningsih
Date Deposited: 10 Jun 2015 08:32
Last Modified: 12 Oct 2021 07:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33261

Actions (login required)

View Item View Item