Kristiyaningsih, Ani and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2015) Analisis Rpp Aspek Fasilitas Dan Sumber Belajar Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Oleh Guru Ipa Di Mts Negeri Surakarta II Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (759kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (955kB) |
|
PDF (BAB 1)
BAB I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
surat pernyataan naskah.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
Abstract
Proses pembelajaran yang berlangsung dan dengan menggunakan kurikulum 2013 menuntut guru lebih kreatif dan inovatif. Fasilitas dan sumber belajar adalah komponen pendukung dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi pemanfaatan fasilitas dan sumber belajar oleh guru IPA dalam implementasi kurikulum 2013 selama proses pembelajaran di MTs Negeri Surakarta 2 Tahun 2014/2015. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data berupa dokumentasi RPP guru IPA, observasi dan wawancara dengan guru IPA di MTs Negeri Surakarta II. Data berupa macam-macam pemanfaatan fasilitas dan sumber belajar yang digunakan oleh guru IPA pada RPP dan pelaksanaan pembelajaran, dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian rata-rata pemanfaatan fasilitas yang digunakan oleh guru IPA pada penyusunan RPP ada tiga komponen dengan total 51,38% (B) dan pemanfaatan sumber belajar ada empat komponen dengan total 51,73% (B). Rata-rata Pemanfaatan fasilitas belajar pada pelaksanaan pembelajaran oleh guru IPA ada tiga komponen dengan total 64,81% (B), dan pemanfaatan sumber belajar ada tiga komponen dengan total 85,16% (SB). Kesimpulan, fasilitas yang digunakan oleh guru IPA pada penyusunan RPP termasuk kategori baik (51,38%) dan pemanfaatan sumber belajar termasuk kategori baik (51,73%). Pemanfaatan fasilitas belajar pada pelaksanaan pembelajaran oleh guru IPA 64,81% (baik), dan pemanfaatan sumber belajar 85,16% (sangat baik).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan, fasilitas, sumber belajar, kurikulum 2013, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ani Kristiyaningsih |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 08:32 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33261 |
Actions (login required)
View Item |