KUSUMAWARDHANI, PUTRI CHUSNI NOOR ROSYIN and , Drs. Andi Haris Prabawa, M, Hum. (2015) Budaya Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunarungu-Wicara Di Sekolah Luar Biasa Negeri Surakarta (Studi Kasus di Kelas X-B SLB Negeri Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (naskah publikasi)
naskah publikasi.pdf Download (6MB) |
|
PDF (halaman depan)
Halaman Depan.pdf Download (6MB) |
|
PDF (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (23kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) | Request a copy |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (18kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (25MB) | Request a copy |
|
PDF (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (32MB) | Request a copy |
|
PDF (pernyataan naskah publikasi)
Surat Pernyataan Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) budaya pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia untuk anak tunarungu-wicara kelas X-B di SLBN Surakarta, 2) kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia kelas X-B SLBN Surakarta, dan 3) penilaian hasil belajar siswa kelas X-B SLBN Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif berkaitan dengan budaya pelaksanaan pembelajaran di kelas X Tunarungu-wicara. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan metode cakap dengan teknik cakap semuka, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian 1) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kemampuan siswa, metode belajar yang kurang bervariasi karena keterbatasan siswa, dan proses pembelajaran yang kooperatif dengan menggunakan sistem komunikasi total, 2) keterbatasan kemampuan siswa dan minimnya fasilitas belajar menjadi kendala dalam proses pembelajaran, dan 3) hasil belajar siswa dilihat dari tugas harian dan keaktifan siswa. Setiap harinya siswa sudah menunjukkan peningkatan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi. Tujuan hasil dari pembelajaran ini menunjukkan kemampuan berkomunikasi siswa yang semakin baik. Kata Kunci: Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, tunarungu-wicara.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, tunarungu-wicara. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | PUTRI CHUSNI NOOR ROSYIN K. |
Date Deposited: | 22 Jun 2015 01:59 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 01:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33250 |
Actions (login required)
View Item |