Profil Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kontekstual Dalam Materi Matematika Dasar Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Dan Gaya Kognitif

Mukti, Zaenal and , Masduki, S.Si, M.Si (2015) Profil Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kontekstual Dalam Materi Matematika Dasar Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Dan Gaya Kognitif. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (829kB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publiksi)
9. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil proses berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal kontekstual dalam materi matematika dasar berdasarkan perbedaan gaya belajar dan gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu mahasiswa kelas 1A program studi pendidikan matematika FKIP UMS tahun 2014/2015 yang berjumlah 39 mahasiswa. Berdasarkan hasil angket gaya belajar dan gaya kognitif, dipilih 6 mahasiswa sebagai subjek dalam penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik menggunakan langkah-langkah Polya yang relatif sama. Sedangkan proses berpikir mahasiswa berdasarkan gaya kognitifnya, mahasiswa dengan kecenderungan gaya kognitif field independent terkesan lebih baik dibandingkan mahasiswa field dependent pada proses pemahaman soal dan lebih rinci serta logis dalam penyusunan strategi pemecahan masalah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: proses berpikir, gaya belajar, gaya kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:57
Last Modified: 09 Oct 2021 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33201

Actions (login required)

View Item View Item