Tiffani, Haqqinna and , Masduki, S.Si, M.Si (2015) Profil Proses Berpikir Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Berdasarkan Gaya Belajar Dan Gaya Kognitif. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (172kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (914kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa yang bergaya kognitif field dependent dan field independent serta bergaya belajar visual, auditori, kinestetik dalam menyelesaikan soal Perbandingan. Dalam penelitian ini proses berpikir yang dimaksud adalah proses berpikir dalam memecahkan masalah yang mengikuti langkah-langkah Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan menelaah kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan bentuk studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada SMP Negeri 1 Gondangrejo. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa yang diambil dari kelas VIIA, yaitu 3 siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD) dengan gaya belajar yang berbeda-beda, dan 3 siswa yang bergaya kognitif field independent (FI) dengan gaya belajar yang berbeda pula. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk mengetahui gaya belajar serta gaya kognitif masing-masing individu, teknik test untuk kemampuan menyelesaikan soal perbandingan, teknik wawancara untuk mengetahui sejauh mana pemahaman 6 subjek yang memenuhi kriteria tersebut dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya belajar dan gaya kognitif mempengaruhi proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan berdasarkan langkah polya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya belajar, gaya kognitif, menyelesaikan soal, perbandingan, proses berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 03:15 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 06:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33195 |
Actions (login required)
View Item |