Upaya Peningkatan Kreativitas Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kemusu Tahun Ajaran 2014/2015

Rahayu, Sri and , Drs. Sumardi,M.Si (2015) Upaya Peningkatan Kreativitas Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kemusu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (710kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (346kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas memecahkan masalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kemusu melalui model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Siswa kelas VIII A yang berjumlah 24 siswa sebagai subyek penerima tindakan dan guru sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data,dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika dapat dilihat dari 1)kemampuan siswa dalam menjelaskan gagasan atau ide dalam menyelesaikan masalah secara lisan maupun tertulis, dari kondisi awal 12,50% meningkat menjadi 79,17%, 2) kemampuan siswa dalam menanggapi keberagaman pendapat tentang penyelesaian suatu masalah dalam kelompok, dari kondisi awal 20,83% meningkat menjadi 87,50%, 3) kemampuan siswa menyatakan suatu permasalahan kedalam bahasa atau simbol matematika, dari kondisi awal 16,67%, meningkat menjadi 79,17%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreativitas memecahkan masalah siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, kreativitas memecahkan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: AYU METI S
Date Deposited: 30 May 2015 03:03
Last Modified: 09 Oct 2021 04:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33139

Actions (login required)

View Item View Item