Hasanah, Eny Uswatun and , Drs. Joko Suwandi, SE, M.Pd and , Drs. Sami’an, MM (2015) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Strategi Question Student Have Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII D SMP Negeri I Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (451kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (172kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
PDF (Daftar PPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (536kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan menggunakan Strategi Question Student Have siswa kelas VIII D dalam pengajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Juwiring Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian tindakan kelas ini merupakan jenis data kualitatif, yaitu data yang berbentuk kata, kalimat, dan skema.Subyek penelitian Penelitian ini menggunakan angket dan wawancara, oleh karena itu subjek penelitian adalah responden atau orang yang menjawab pertanyaan – pertanyaan dari penelitian, baik tertulis maupun lisan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada lima tahap yaitu dialog awal, perencanaan tindakan kelas, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan teknik Komparasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap guru, 2) Siswa Turut dalam melaksanakan tugas belajarnya 3), Siswa bertanya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami persoalanyang dihadapinya, 4) Berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk memecahkan persoalan yang dihadapinya, 5) Siswa melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru . Hal ini berarti penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran ekonomi, peningkatn keaktifan belajar siswa pada akhir siklus I 50,55%. Pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 76,11%.Hal ini berarti peningkatan keaktifan belajar siswa melebihi indikator keberhasiln yakni 75%.Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapenerapan strategi Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan keaktifan, Strategi question student have. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 May 2015 02:55 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33072 |
Actions (login required)
View Item |