A’Yuni, Anni Qurrotul and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2015) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ilmu Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS 1 MAN 1 Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (841kB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB 1.pdf Download (180kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas X IPS 1 MAN 1 Boyolali. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru ekonomi dengan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siswa kelas X IPS 1 adalah subyek penerima tindakan yang berjumlah 29 siswa dan guru ekonomi sebagai subyek pemberi tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan penguasaan konsep siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning. Sebelum pelaksanaan siklus rata-rata penguasaan konsep siswa sebesar 28,74%. Pada siklus I rata-rata penguasaan konsep siswa meningkat 62,07%. Pada siklus II rata-rata penguasaan konsep siswa meningkat sebesar 82,76%. Hal ini berarti peningkatan penguasaan konsep siswa melebihi indikator keberhasilan ≥75%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penguasaan konsep, model pembelajaran problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 May 2015 02:42 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33071 |
Actions (login required)
View Item |