Astuti, Yeni Puji and , Drs. Suharjo, M.S (2014) Pemetaan Sekolah SMA/SMK Berdasarkan Kerawanan Bencana Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Di Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (355kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (613kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (620kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kabupaten Sukoharjo sendiri termasuk dalam wilayah dengan indeks bencana tinggi. Menempati urutan 76 dari 497 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. Sehingga perlu terus didorong pembentukan kelembagaan penanggulangan bencana di daerah sesuai taraf kerentanan bencana dengan tetap mempertimbangan efektivitas dan efesiensi penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Mengingat kondisi kerawanan bencana yang cukup tinggi di kabupaten Sukoharjo , maka pendidikan mitigasi bencana di daerah tersebut sangat sangat lah penting. Pendidikan mitigasi bencana bagi daerah yang rawan bencana sangat lah dibutuhkan bagi masyarakat diseluruh lapisan terutama bagi generasi penerus bangsa yaitu siswa. Sebagai generasi penerus bangsa, siswa berhak mendapat perlindungan dari ancaman bencana sehingga pendidikan mitigasi bencana dijenjang pendidikan harus diterapkan sejak dini. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, sedangkan pendekatannya menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil sebesar 49 sampel penelitian yang terdiri dari siswa SMA/SMK dari bimbingan belajar Ganesha Operation. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa Tingkat pengetahuan kebencanaan siswa dari hasil pre-test dapat dikategorikan cukup yaitu dengan jumlah prosentase 51,53%, sedangkan tingkat pengetahuan kebencanaan siswa dari hasil post test setelah menggunakan peta kerawanan bencana memperoleh prosentase 77,95%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan kebencanaan siswa meningkat setelah dari kategori cukup menjadi kategori baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peta kerawanan, pengetahuan, kebencanaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QE Geology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 1508 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2015 08:39 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 13:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32996 |
Actions (login required)
View Item |