Sari, Nalurita and , Drs. A. Fathoni, S.E., M.Pd (2015) Pengaruh Kebiasaan Menghafal Juz 3o Al-Qur’an Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (508kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh kebiasaan menghafal Juz 30 Al-Qur’an terhadap konsentrasi belajar pada siswa SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta tahun ajaran 2014/2015 2) Mengetahui besarnya pengaruh kebiasaan menghafal Juz 30 Al-Qur’an terhadap konsentrasi belajar pada siswa SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian berdasarkan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian non-eksperimen, yaitu penelitian korelasional (hubungan/asosiasi). Penelitian mengambil sampel sebanyak 36 siswa dari total populasi sebanyak 90 siswa dengan menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, korelasi, uji t serta koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa 1) Persamaan regresi linier sederhana sebagai berikut Y = 22,302 + 0,641X 2) Kebiasaan menghafal Juz 30 Al-Qur’an dan konsentrasi belajar memiliki hubungan yang positif dan kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,769 3) Uji t menunjukkan Ho ditolak, dengan ttabel = t(α/2,n-2) = 2,032 dan thitung sebesar 7,019 sehingga thitung > ttabel atau 7,019 > 2,032 4) Hasil perhitungan untuk nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,592 berarti 59,2% konsentrasi belajar dipengaruhi oleh kebiasaan menghafal Juz 30 Al-Qur’an serta sisanya sebesar 40,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebiasaan menghafal Juz 30 Al-Qur’an berpengaruh positif terhadap konsentrasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebiasaan, menghafal, Juz 30, Al-Qur’an, konsentrasi, belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 May 2015 05:12 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32926 |
Actions (login required)
View Item |