Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas III SD N Pandansari Warungasem Batang Tahun Ajaran 2014/2015

Megasari, Sabti Nur and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, M.Pd (2015) Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas III SD N Pandansari Warungasem Batang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (321kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas III SD Negeri Pandansari Warungasem Batang tahun ajaran 2014/2015, (2) ada tidaknya pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas III SD Negeri Pandansari Warungasem Batang tahun ajaran 2014/2015, (3) ada tidaknya pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas III SD Negeri Pandansari Warungasem Batang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SD Negeri Pandansari Warungasem Batang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan SR dan SE yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 0,33 + 0,59 X1 + 0,62 X2. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,194 > 1,753 dan SR sebesar 50,11% dan SE sebesar 32,57% (2) Minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,290 > 1,753 , dan SR sebesar 49,89% dan SE sebesar 32,42% (3) Motivasi dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA. Hal ini berdasarkan uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 9,56 > 3,74.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, minat belajar, prestasi, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 May 2015 05:09
Last Modified: 12 Oct 2021 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32917

Actions (login required)

View Item View Item