Rofiatun, Isnaini and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, M.Pd (2015) Perbandingan Penggunaan Metode Talking Stick Dengan Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar PKn Di Kelas V SDN 1 Mangin Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (493kB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB-I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB-II.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB-III.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB-IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH-PUBLIKASI.pdf Download (253kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis perbandingan penggunaan metode talking stick dengan metode ekspositori terhadap hasil belajar PKn. 2) mengetahui lebih tinggi mana hasil belajar PKn siswa yang menggunakan metode talking stick dengan metode ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Mangin Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada a = 5 % diperoleh ttabel = 1,686.< thitung = 2,82 sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan metode talking stick dengan metode ekspositori terhadap hasil belajar PKn di kelas V SDN 1 Mangin Tahun Pelajaran 2013/2014. Implikasi pada penelitian ini adalah pengajaran PKn siswa yang menggunakan metode talking stick lebih baik daripada menggunakan metode ekspositori. Oleh karena itu metode talking stick dapat dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode talking stick, metode ekspositori, hasil belajar PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 08:23 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32895 |
Actions (login required)
View Item |