Perbandingan Penggunaan Metode Talking Stick Dengan Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar PKn Di Kelas V SDN 1 Mangin Tahun Pelajaran 2013/2014

Rofiatun, Isnaini and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, M.Pd (2015) Perbandingan Penggunaan Metode Talking Stick Dengan Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar PKn Di Kelas V SDN 1 Mangin Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (493kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB-I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB-II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH-PUBLIKASI.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis perbandingan penggunaan metode talking stick dengan metode ekspositori terhadap hasil belajar PKn. 2) mengetahui lebih tinggi mana hasil belajar PKn siswa yang menggunakan metode talking stick dengan metode ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Mangin Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada a = 5 % diperoleh ttabel = 1,686.< thitung = 2,82 sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan metode talking stick dengan metode ekspositori terhadap hasil belajar PKn di kelas V SDN 1 Mangin Tahun Pelajaran 2013/2014. Implikasi pada penelitian ini adalah pengajaran PKn siswa yang menggunakan metode talking stick lebih baik daripada menggunakan metode ekspositori. Oleh karena itu metode talking stick dapat dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode talking stick, metode ekspositori, hasil belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2015 08:23
Last Modified: 12 Oct 2021 04:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32895

Actions (login required)

View Item View Item