Prihatmoko, Hari and , Drs. Djalal Fuadi, MM. and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas VIIE Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (466kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (191kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (470kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan media belajar audio visual pada siswa kelas VIIE SMP N 1 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penilitian ini adalah siswa kelas VIIE SMP N 1 Boyolali tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 24 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan.Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini dilihat dalam hasil belajar siswa, sebelum pelaksanaan tindakan yang memenuhi KKM ≥ 75 terdapat 3 siswa (12,5%), kemudian dilakukan tindakan pada putaran I menurun menjadi 2 siswa (8,33%) selanjutnya pada tindakan putaran II meningkat menjadi 10 siswa (41,66%) dan terakhir pada tindakan putaran III yang memenuhi KKM 22 siswa (91,66 %). Serta dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 27,48 %, sebelum tindakan rata-rata kelas 62,91 menjadi 80,20 pada putaran terakhir. Pada lembar observasi motivasi juga menunjukan peningkatan. Sebelum tindakan memperoleh nilai 24, putaran I 36, putaran II 44 dan meningkat menjadi 49 pada putaran III. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunan media pembelajaran audio visual dalam mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIE SMP N 1 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | audio visual, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Apr 2015 02:16 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 15:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32858 |
Actions (login required)
View Item |