Handika, Rizky Nugrah and , Dr. Sumardi, M.Si and , M. Noor Kholid, S.Pd., M.Pd (2015) Eksperimentasi Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Bab I)
2. BAB 1 SKRIPSI.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
3. BAB 2 SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
PDF (Bab III)
4. BAB 3 SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
|
PDF (Bab IV)
5. BAB 4 SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
|
PDF (Bab V)
6. BAB 5 SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
9. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh tingkat kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi model pembelajaran dan tingkat kedisiplinan terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok program linear. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X bidang keahlian kesehatan dan kelas X bidang studi keahlian bisnis manajemen SMK Muhammdiyah Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015 yang seluruhnya berjumlah 112 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa, dan kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode angket, dan metode tes. Data yang digunakan adalah data nilai UAS Semester Gasal sebagai data kemampuan awal, tes prestasi belajar matematika materi pokok program linear, dan angket tingkat kedisiplinan siswa. Uji coba instrumen meliputi validasi isi, konsistensi internal butir, dan reliabilitas. Uji keseimbangan data awal menggunakan uji t. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan metode Lilliefors, uji homogenitas dengan metode Bartllet. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika , (2) terdapat pengaruh tingkat kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (Project Based Learning dan Discovery Learning) dan tingkat kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok program linear.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, kedisiplinan siswa, prestasi belajar, program linear, project based learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 04:50 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 02:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32805 |
Actions (login required)
View Item |