Septi Nugraheni, Ardhita and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2015) Studi Komparasi Strategi Think Pair Share Dengan Problem Based Introduction Terhadap Hasil Belajar IPS kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu Boyolali Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (425kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (179kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (509kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan strategi Think Pair Share dengan strategi Problem Based Introduction terhadap hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu, (2) manakah yang lebih besar pengaruhnya antara strategi Think Pair Share dengan strategi Problem Based Introduction terhadap hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu tahun 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,653 > 2,339 dengan nilai rata-rata hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 2 Ngargosari lebih besar dibandingkan kelas VI SD Negeri 2 Urut Sewu, yaitu 87,067 > 81,783. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan strategi Think Pair Share dengan strategi Problem Based Introduction terhadap hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu, (2) Strategi Think Pair Share lebih besar pengaruhnya dibanding strategi Problem Based Introduction terhadap hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi think pair share, problem based introduction, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 20 Apr 2015 08:21 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 02:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32797 |
Actions (login required)
View Item |