Prayitno, Fendy Aris and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M. Hum., (2015) Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Pemasaran Gedung Perkantoran Agung Podomoro City. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (764kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (441kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ada dua. 1) Untuk mengidentifikasi bentuk bahasa tindak tutur ilokusi pada iklan pemasaran gedung perkantoran Agung Podomoro City. 2) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan bahasa tindak tutur ilokusi pada iklan pemasaran gedung perkantoran Agung Podomoro City. Objek dalam penelitian adalah bahasa tindak tutur ilokusi pada iklan pemasaran gedung perkantoran Agung Podomoro City. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mengkaji permasalahan-permasalahan yang hasilnya disajikan dalam kata, frasa, atau kalimat-kalimat. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis bahasa tindak tutur ilokusi pada iklan pemasaran gedung perkantoran Agung Podomoro City. Penelitian dimulai dengan pengumpulan data yang dilakukan selama satu bulan. Selanjutnya peneliti mencatat hasil analisis dalam bentuk dokumen untuk kemudian disimpulkan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Analisis data dalam penelitian ini adalah metode padan intralingual. Metode padan intralingual adalah metode analisis dengan cara menghubung-bandingkan unsur-unsur yang bersifat lingual, baik yang terdapat dalam satu bahasa maupun dalam beberapa bahasa yang berbeda. Hasil penelitian ada dua. 1) Tindak tutur ilokusi pada iklan pemasaran gedung perkantoran Agung Podomoro City terdiri representatif, direktif, komisif, ekspresif dan deklaratif. 2) Pengaruh penggunaan tindak tutur ilokusi pada iklan pemasaran gedung perkantoran Agung Podomoro City yaitu agar pelanggan tertarik kemudian membeli Apl Tower. Menggunakan tindak tutur ilokusi yaitu menonjolkan atau menginformasikan segala fasilitas yang dimiliki gedung perkantoran Agung Podomoro City, mulai lokasi, akses maupun fasilitas teknologi yang dimiliki.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindak tutur ilokusi, iklan pemasaran |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Apr 2015 03:30 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 14:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32767 |
Actions (login required)
View Item |