Pengaruh Persepsi Tentang Variasi Gaya Mengajar Dosen Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Manajemen Keuangan Mahasiswa Program Study Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan Tahun 2012

Exacta, Qonitah Happy and , Prof. Dr. H. Yetty Sarjono, M.Si. (2015) Pengaruh Persepsi Tentang Variasi Gaya Mengajar Dosen Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Manajemen Keuangan Mahasiswa Program Study Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (837kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya pengaruh variasi gaya mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa, 2) adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa, 3) adanya pengaruh variasi gaya mengajar dosen dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2012 yang mengambil mata kuliah Manajemen Keuangan yang berjumlah 117. Sampel diambil sebanyak 89 mahasiswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji f, selain itu juga dilakukan perhitungan sumbangan relative (SR) dan sumbangan efektif (SE). Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 22,160+0,619%X1+0,646%X2 yang artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang gaya mengajar dosen dan penggunaan media pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh variasi gaya mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 2,570 > 2,280 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012. 2) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung> ttabel, yaitu 8.051 > 2,280 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh positif antara variasi gaya mengajar dosen dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil uji f diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung> Ftabel, yaitu 78,453 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel variasi gaya mengajar dosen memberikan sumbangan relatif sebesar 20% dan sumbangan efektif 12,9%. Variabel penggunaan media pembelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 80% dan sumbangan efektif 51,7%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif diatas, nampak bahwa variabel penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar manajemen keuangan dibandingkan variabel variasi gaya mengajar dosen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: variasi gaya mengajar, penggunaan media pembelajaran, dan prestasi belajar manajemen keuangan.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:26
Last Modified: 10 Oct 2021 14:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32749

Actions (login required)

View Item View Item