Rahmawati, Yuli and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penggunaan Strategi Course Review Horay (CRH) Pada Tema Berbagai Pekerjaan Siswa Kelas Iv Mi Negeri Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (659kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (130kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (366kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui strategi Course Review Horay (CRH) pada tema berbagai pekerjaan Siswa Kelas IV MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 38 siswa dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data disebut teknik analisis interaktif yaitu menggunakan periode pengumpulan, reduksi data, penyajian data dan pebarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan triangulasi data (sumber) dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini dilihat dari pencapaian indikator motivasi belajar antara lain: 1) Tekun dalam menghadapi tugas guru, dari pra siklus 0,15%, dan pada siklus II meningkat menjadi 63,15%. 2) Ulet dan tidak putus asa (dalam menjawab pertanyaan), dari pra siklus 0,23% dan pada siklus II menimngkat 71,04%, 3) Ingin mendalami pembelajaran tema berbagai pekerjaan sub tema barang dan jasa yang diajarkan di sekolah, dari pra siklus 0,23%, dan pada siklus II meningkat 71,04%, 4) Berusaha berprestasi sebaik mungkin, dari pra siklus 0,10% dan pada siklus II meningkat 65,78%, 5) Senang, rajin, dan belajar penuh semangat, dari pra siklus 0,18% dan pada siklus II meningkat 63,15%, 6) Berani dalam mengungkapkan pendapat(ide), dari pra siklus 0,07% dan pada siklus II meningkat 71,04%. Berdasarkan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan motivasi belajar pada tema berbagai pekerjaan dan pada indikator: 1) tekun menghadapi tugas guru, 4) siswa yang ingin mendalami tema berbagai pekerjaan, dan 5) senang, rajin dan tidak putus asa belum mencapai target (70%) pada Siswa Kelas IV MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, belajar, Course Review Horay (CRH) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 13 Apr 2015 08:31 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 01:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32706 |
Actions (login required)
View Item |