Cahya Septiadi, Utha and -, Drs. Saring Marsudi, M.Pd (2015) Pengaruh Strategi Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Siswa Kelas V SD N Kestalan No. 05 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
halaman awal.pdf Download (265kB) |
|
PDF (Bab I)
bab 1.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
PDF (Bab III)
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
PDF (Bab IV)
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
|
PDF (Bab V)
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf Download (279kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi bermain peran terhadap hasil belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V SD N Kestalan No. 05 Surakarta tahun 2014/ 2015. 2) Seberapa besar pengaruh strategi bermain peran terhadap hasil belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V SD N Kestalan No. 05 Surakarta tahun 2014/ 2015. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Kestalan No. 05 berjumlah 74 siswa. Digunakan teknik purposive sampling dengan sampel siswa kelas VA berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung < -ttabel yaitu -2,56 < -2,026, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi bermain peran terhadap hasil belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V SD N Kestalan No. 05 Surakarta. 2) Dari perhitungan effect size ditarik kesimpulan bahwa penggunaan strategi bermain peran memberikan pengaruh sebesar 41,15 % terhadap hasil belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V di SD N Kestalan No. 05 Surakarta tahun 2014/ 2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi bermain peran, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 13 Apr 2015 08:20 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 01:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32705 |
Actions (login required)
View Item |