Nurjanah, Henti and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 03 Nglebak Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (337kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
PDF (L:ampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (199kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 03 Nglebak, (2) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 03 Nglebak, (3) pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 03 Nglebak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 03 Nglebak yang berjumlah 63 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan SR dan SE yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 41,287+ 0,255X1+ 0,194X2. Hasil analisis data diperoleh: (1) Perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,398 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,001 dengan SR sebesar 58,3% dan SE sebesar 26,8%. (2) Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,567 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,013 dengan SR sebesar 41,7% dan SE sebesar 19,1%. (3) Perhatian orang tua dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 25,476 > 3,15 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perhatian orang tua, fasilitas belajar dan prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2015 02:19 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 06:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32693 |
Actions (login required)
View Item |