Amalia, Risa and , Drs. Achmad Fathoni, S.E., M.Pd (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran True or False Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 7 Joyosuran Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (180kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (244kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 7 Joyosuran pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan apakah strategi pembelajaran true or false dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah 7 Joyosuran Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai pengajar, guru kelas sebagai observer dan siswa sebagai penerima tindakan. Obyek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran IPA. Hal ini terbukti dari motivasi siswa pada kondisi awal 28,56% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 49,07% dan 64,28%, pada siklus II sebesar 81,24% dan 87,49%. Hasil belajar siswa pada kondisi awal 28,57% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 37,03% dan 57,14%, pada siklus II sebesar 87,5% dan 95,83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi true or false dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah 7 Joyosuran Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta tahun pelajaran 2014/2015
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | true or false, motivasi belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 08:39 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 20:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32642 |
Actions (login required)
View Item |