Widyatama, Angga Dody and , Dr. Samino MM (2014) Peningkatan Motivasi Dalam Pembelajaran Subtema Manfaat Hidup Rukun Melalui Metode Pembelajaran Examples Non Examples Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri 5 Ketro Tahun 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
02. Publikasi Karya Ilmiah.pdf Download (540kB) |
|
PDF (Front page)
03. Halaman Depan.pdf Download (771kB) |
|
PDF (Chapter I)
04. BAB I.pdf Download (170kB) |
|
PDF (Chapter II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
PDF (Chapter III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
PDF (Chapter IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
|
PDF (Chapter V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Subtema Manfaat Hidup Rukun Melalui Metode Pembelajaran Examples Non Examples Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Ketro Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian Ini Termasuk Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif Dengan Bentuk PTK Yang Dilaksanakan Dalam Dua Siklus. Masing-Masing Siklus Terdiri Dari Empat Tahapan Yaitu Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan Dan Refleksi. Subjek Penelitian Ini Adalah Guru Dan Seluruh Siswa Kelas V SD Negeri 5 Ketro Yang Berjumlah 26 Siswa Dan Objek Dalam Penelitian Ini Adalah Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sub Tema Manfaat Hidup Rukun. Metode Yang Digunakan Dalam Pengumpulan Data Yaitu Metode Observasi, Wawancara, Tes Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Model Analisis Interaktif Yang Memiliki Tahapan Yaitu Reduksi Data, Penyajian Data Dan Penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Adanya Peningkatan Motivasi Belajar Sub Tema Manfaat Hidup Rukun Setelah Diadakan Tindakan Kelas Melalui Penerapan Metode Examples Non Examples. Indikator Ketercapaian Meningkat Sekurang-Kurangnya 85% Dari 26 Siswa. Untuk Indikator Minat Dan Perhatian Siswa Terhadap Pelajaran Sebesar 84,62%, Semangat Siswa Untuk Melakukan Tugas-Tugas Belajar Sebesar 82,69%, Tanggung Jawab Siswa Dalam Mengerjakan Tugas-Tugas Belajarnya Sebesar 88,46%, Reaksi Yang Ditunjukkan Siswa Terhadap Stimulus Yang Diberikan Oleh Guru Sebesar 83,65%, Rasa Senang Dan Puas Dalam Mengerjakan Tugas Yang Diberikan Sebesar 92,31%. Berdasarkan Hasil Penelitian Dapat Disimpulkan Bahwa Melalui Penerapanmetode Examples Non Examples Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Sub Tema Manfaat Hidup Rukun Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Ketro Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Belajar, Media, examples non examples, Manfaat,Hidup,Rukun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 04 Apr 2015 01:26 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 03:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32621 |
Actions (login required)
View Item |