Nur Baiti, Dina and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Sosiodrama Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Pada kelas v sd N Jetis 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
Halaman Awal.pdf Download (588kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi new.pdf Download (290kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar melalui penerapan metode Sosiodrama Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V SD Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk memberi informasi bagaimana tindakan yang tepat untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini difokuskan pada tindakan- tindakan sebagai usaha untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Jetis 01 yang berjumlah 36 siswa, subjek pelaku tindakan guru (peneliti). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data secara interaktif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Indikator keaktifan belajar pada penelitian ini meliputi keaktifan siswa dalam membaca buku pelajaran, keaktifan siswa ketika penerapan metode, keaktifan siswa dalam diskusi, keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Hasil rata- rata keaktifan pada prasiklus menunjukkan presentase sebesar 50,27%. Pada siklus pertama mengalami peningkatan presentase keaktifan belajar sebesar 70,39%. Pada siklus kedua keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 85,40%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Sosiodrama dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan pada kelas V SD Negeri Jetis 01.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, belajar, sosiodrama |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 30 Mar 2015 08:35 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 20:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32596 |
Actions (login required)
View Item |