Setiawan, Mahardika Yudha and , Prof.Dr.Harun,S.H.,M.H. (2014) Implementasi Ekspor Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Dari Perspektif Pelayanan Publik. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
9RRR. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (434kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
3. BAB 1.pdf Download (215kB) |
|
PDF (Bab II)
4. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
PDF (Bab III)
5. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
PDF (Bab IV)
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
|
PDF (Bab V)
7. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
PDF (Bab VI)
8. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
|
PDF (Lampiran)
9R. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pelayanan publik dapat diartikan sebagai kegiatan-kegiatan dan obyekobyek tertentu yang secara khusus dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum (the general public) atau memberikan dukungan terhadap upaya meningkatkan kenikmatan dan kemudahan (comfort and conveniences) bagi seluruh masyarakat. Pelayanan publik sebagai sebuah variabel fundamental tentunya akan sangat menentukan maju atau mundurnya sebuah Negara dalam melaksanakan pembangunan nasional terutama dalam bidang perekonomian. Kegiatan ekspor impor merupakan salah satu pelayanan publik dan faktor penentu dalam menentukan roda perekonomian bangsa Indonesia. Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pelaksanaan ekspor di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dalam perspektif pelayanan publik; (2) bagaimana penyelesaian sengketa pelaksanaan SOP antara eksportir dengan pelabuhan sesuai Undang-Undang Pelayanan Publik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dalam implementasi ekspor sebagai pelayanan publik. Implementasi ekspor di pelabuhan Tanjung Emas Semarang berdasarkan kepada pelayanan publik yang terbagi dalam kelompok pelayanan administrasi, status kewarganegaraan dan status kepemilikan. Implementasi ekspor di pelabuhan tersebut dilaksanakan dengan pedoman SOP (Standard Operational Procedure). Terbangunnya kaidah-kaidah atau prosedur-prosedur baku pelayanan yang memihak publik serta standar kualitas minimal yang semestinya diketahui publik sehingga lebih jelas dalam rincian tugas-tugas organisasi pelayanan publik secara lengkap. Implementasi ekspor di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang meliputi: proses ekspor, penerapan metode ekspor dengan SOP, kendala teknis pihak Bea Cukai, kendala teknis yang dihadapi eksportir, dan waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan dokumen ekspor. Penyelesaian sengketa pelaksanaan SOP antara eksportir dengan Bea Cukai pelabuhan sesuai Undang-Undang Pelayanan Publik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yaitu diselesaikan dengan pendekatan ADR dan diadakan dialog bersama, sehingga sengketa tidak sampai pada penyelesaian pengadilan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekspor, implementasi, SOP, publik, sengketa |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Hukum |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2015 03:28 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 06:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32459 |
Actions (login required)
View Item |