Fauziyah, Nu and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Pengaruh Permainan Balok dan Permainan Dakon Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Ditinjau dari Kesiapan Sekolah Siswa TK B PAUD Insan Fathonah Bejen Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (969kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (313kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
dafpus.pdf Download (139kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan berhitung permulaan, khususnya membilang, sangat penting diajarkan bagi anak usia dini. Metode pembelajaran yang dianggap paling tepat untuk mengajarkan kemampuan berhitung permulaan bagi anak usia dini tersebut adalah melalui permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh metode pembelajaran dengan permainan balok dan permainan dakon terhadap kemampuan berhitung permulaan; 2) pengaruh kesiapan sekolah terhadap kemampuan berhitung permulaan; dan 3) Interaksi antara metode pembelajaran dengan permainan balok dan permainan dakon dan kesiapan sekolah terhadap kemampuan berhitung permulaan pada siswa TK B di PAUD Insan Fathonah Bejen Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Subjek dalam penelitian adalah semua siswa TK B Insan Fathonah Bejen Karanganyar berjumlah 36 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas B1 dan B2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis ANAVA dengan sel tak sama. Adapun rancangan faktorial yang digunakan adalah rancangan faktorial 2 X 2. Berdasarkan analisis, penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Metode permainan berpengaruh terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F statistik dengan α = 0.048. Rerata kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok kontrol < kelompok eksperimen, yaitu 23.78 < 28.11; 2) Kesiapan sekolah berpengaruh terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F statistik dengan α = 0.001. Rerata kemampuan berhitung permulaan pada anak yang belum siap sekolah < anak yang sudah siap sekolah, yaitu 21.55 < 27.88; dan 3) Tidak ada interaksi pengaruh antara metode permainan dengan kesiapan sekolah terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini di PAUD Islam Insan Fathonah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F statistik dengan α = 0.378. Rerata kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok kontrol sedikit lebih rendah dibandingkan dengan rerata total anak kelompok eksperimen.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berhitung permulaan, metode permainan, kesiapan sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2015 02:50 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32456 |
Actions (login required)
View Item |