Priyadi, Zuli and , Hafidh Munawir, S.T., M.Eng and , Muclison Anis, S.T., M.T. (2014) Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard Di Pengecoran Logam PT. Aneka Adhilogam Karya Batur Ceper Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (263kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (662kB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (145kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Meningkatnya persaingan bisnis industri dari tahun ke tahun membuat banyak perusahaan untuk lebih meningkatkan kinerjanya. Salah satunya adalah PT. Aneka Adhilogam Karya, yang selalu mengembangkan usaha bisnisnya agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Obyek penelitian dilakukan di PT. Aneka Adhilogam Karya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah BSC, dengan mengukur empat perspektif. Untuk pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara, kuesioner serta studi pustaka. Jenis data yang digunakan untu pengukuran ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Pengukuran kinerja ini dari tahun 2011, 2012 dan 2013, dengan mengukur 4 perspektif. Pada perspektif keuangan, kinerja yang telah dilakukan sudah berjalan baik. Dapat dilihat dari hasil perhitungan ROA, ROE, TATO, dan PMS yang selalu meningkat tiap tahunnya, akan tetapi perputaran dari harta yang dimiliki perusahaan masih kurang efektif dalam penggunaanya. Perspektif pelanggan, kinerja perusahaan sudah berjalan baik di tiap tahunnya. Terbukti dalam perhitungan retensi pelanggan, komplain pelanggan serta customer acquisition mengalami kenaikan tiap tahun. Akan tetapi, nilai retensi pelanggan tiap tahunnya mengalami penurunan mempertahankan pelanggan tetapnya. Dan dilihat dari hasil penyebaran kuesioner, hasilnya pelanggan merasa puas akan kinerja perusahaan, didapat nilai indek 2034. Akan tetapi, masih terdapat responden yang merasa tidak setuju akan pelayanan dari perusahaan. Sedangkan dari kinerja bisnis internal yang diterapkan perusahaan sudah baik, didapat indek 3137. Meskipun demikian,dari penyebaran kuesioner terdapat karyawan yang tidaksetuju akan proses bisnis internal perusahaan, dilihat dari penggunaan bahan baku dan kegiatan finising. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang ada di perusahaan sudah baik, dengan nilai indek 1780. Dari hasil kuesioner masih terdapat karyawan yang tidak setuju akan peningkatan kompetensi karyawan dan kebebasan untuk mengembangkan ide gagasan inovasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Balanced Scorecard, Perspektif Finansial, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Mar 2015 04:44 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 03:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32384 |
Actions (login required)
View Item |