Hubungan Asupan Lemak Total Dan Aktivitas Fisik Dengan Tekanan Darah Pada Wanita Menopause Di Desa Kuwiran Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali

Iriani, Wina and , Siti Zulaekah, A., M.Si and , Rusjiyanto, SKM., M.Si (2014) Hubungan Asupan Lemak Total Dan Aktivitas Fisik Dengan Tekanan Darah Pada Wanita Menopause Di Desa Kuwiran Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Chapter I)
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Chapter II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] PDF (Chapter III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Chapter IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Chapter V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (References)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Appendix)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Manuscript publication)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (511kB)

Abstract

Pendahuluan: Faktor risiko yang meningkatkan tekanan darah pada wanita menopause adalah penurunan hormon estrogen, tingginya asupan lemak total dan kurangnya aktivitas fisik. Berdasarkan data profil kesehatan puskesmas Banyudono II prevalensi tekanan darah tinggi di Desa Kuwiran sebesar 35,6%. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan asupan lemak total dan aktivitas fisik dengan tekanan darah pada wanita menopause di Desa Kuwiran. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah observasional dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah wanita menopause usia 50-65 tahun sebanyak 73. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Asupan lemak total diperoleh dengan food recall konsumsi makanan 24 jam dan aktivitas fisik diperoleh dengan wawancara dan pencatatan aktivitas fisik 1x24 jam selama 7 hari. Tekanan darah diperoleh dengan menggunakan alat tensi meter. Analisis data dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil: Sebagian besar sampel memiliki asupan lemak total tinggi sebesar 61,6%. Sebagian besar sampel memiliki aktivitas fisik ringan sebesar 94,5%. Sebagian besar sampel memiliki tekanan darah sistolik tinggi sebesar 72,6% dan tekanan darah diastolik normal sebesar 65,8%. Hasil uji korelasi antara asupan lemak total dengan tekanan darah sistolik nilai p=0,019 dan hasil uji asupan lemak total dengan tekanan darah diastolik nilai p=0,194. Aktivitas fisik dengan tekanan darah sistolik nilai p=0,304 dan aktivitas fisik dengan tekanan darah diastolik nilai p=0,693. Kesimpulan: Ada hubungan antara asupan lemak total dengan tekanan darah sistolik pada wanita menopause. Tidak ada hubungan antara asupan lemak total dengan tekanan darah diastolik pada wanita menopause. Tidak ada hubungan aktivitas fisik dengan tekanan darah sistolik pada wanita menopause. Tidak ada hubungan aktivitas fisik dengan tekanan darah diastolik pada wanita menopause.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menopause, Asupan Lemak Total, Aktivitas Fisik, Tekanan Darah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2015 02:42
Last Modified: 07 Sep 2022 02:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32291

Actions (login required)

View Item View Item