Putro, Ary Haryanto and , Dra. Chusniatun, M.Ag. (2014) Pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam (Telaah Historis Dari Tahun 2003 S/D 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (770kB) |
|
PDF (Bab I)
3. BAB 1.pdf Download (187kB) |
|
PDF (Bab II)
4. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
PDF (Bab III)
5. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
PDF (Bab IV)
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
PDF (Bab V)
7. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (512kB) |
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar bertujuan. Tujuan pendidikan dalam Islam sendiri adalah untuk mencapai manusia sempurna yang bertaqwa pada Allah SWT, serta untuk mencapai kehidupan yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Keberadaan Pondok Pesantren dimaksudkan untuk mempertahankan nilai-nilai keislaman dengan titik berat pada pendidikan. Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren adalah pendidikan Islam yang banyak dipakai dan berlaku di beberapa negara Islam termasuk di Indonesia. Pola pendidikan Pondok Pesantren yang dilakukan era sekarang adalah merupakan konsekuensi logis dari perjalanan Pesantren.Perubahan dan penyesuaian yang terjadi dalam dunia Pesantren menunjukan bahwa visi, misi dan kepemimpinan Pondok Pesantren mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan kehidupan masyarakat serta sistem pendidikan nasional. Perubahan dan dinamika yang terjadi dalam pesantren sampai saat ini menunjukkan hasil yang menggembirakan. Sebagian pesantren mampu bersaing dengan sekolah negeri baik di bawah Kemendiknas maupun Kemenag. Salah satunya adalah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskipsikan bentuk pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta serta tujuan dari pendidikan yang diterapkan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (kualitatif), dalam artian cara untuk menyelesaikan masalah dengan cara memaparkan keadaan obyek yang diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta dan yang dijadikan subjek penelitian adalah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta yang meliputi para ustadz, karyawan dan para santri serta sarana dan prasarana penunjang lainnya. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Pondok Pesantren Ta’mirul Islam memakai pola Pondok Modern berasrama (Islamic Boarding School). Akan tetapi tidak mengesampingkan pembelajaran-pembelajaran yang diterapkan di Pondok salaf. Adapun sistem pendidikan yang diterapkan adalah: 1) Pendidikan KMI selama 6 tahun (setara SMP dan SMA) dengan sistem asrama. 2) Kurikulum yang dipakai adalah gabungan kurikulum lembaga pendidikan KMI Gontor dan Kemendiknas/Kemenag. 3) Bahasa harian dalam lingkungan Pondok Pesantren adalah bahasa Arab dan Inggris. 4) Lulusan dapat bersaing dengan lulusan sekolah yang lain, dapat melanjutkan studi di berbagai universitas baik negeri maupun swasta, baik dalam negeri maupun luar Negeri, serta dapat memparaktekkan bahasa Arab dan Inggris dalam percakapan maupun tulisan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Pondok Pesantren, Ta’mirul Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 25 Feb 2015 08:03 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32074 |
Actions (login required)
View Item |