Sulistiyawati, Sulistiyawati and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas III SDN Pekuwon Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI SULISTIYAWATI.pdf Download (285kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (338kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN SKRIPSI NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui strategi pembelajaran Group Investigation (GI) pada siswa kelas III SDN Pekuwon Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Pekuwon Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar IPA siswa kelas III SDN Pekuwon Tahun Pelajaran 2014 / 2015 dan model pembelajaran Group Investigation (GI). Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes, dokumentasi, observasi atau pengamatan, dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan analisis interaktif, yang meliputi empat langkah kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan dalan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar IPA. Adapun peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari hasul observasi terhadap motivasi belajar IPA dari pra siklus sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi pada semua indikator pada setiap siklus. Indikator motivasi antusias 27,27%, 70,45%, 79,54%, 88,63%, 90,90%, semangat 25%, 75%, 84,09%, 86,36%, 86,36%, keberanian 20,45%, 72,72%, 77,27%, 86,36%, 88,63%, kecepatan 27,27%, 81,81%, 88,63%, 88,63%, 93,18%. hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar IPA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Belajar, IPA, Model, Pembelajaran, Group Investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 17 Feb 2015 01:51 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31894 |
Actions (login required)
View Item |