Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas III SDN Pekuwon Tahun Pelajaran 2014 / 2015

Sulistiyawati, Sulistiyawati and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas III SDN Pekuwon Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI SULISTIYAWATI.pdf

Download (285kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (338kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN SKRIPSI NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui strategi pembelajaran Group Investigation (GI) pada siswa kelas III SDN Pekuwon Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Pekuwon Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar IPA siswa kelas III SDN Pekuwon Tahun Pelajaran 2014 / 2015 dan model pembelajaran Group Investigation (GI). Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes, dokumentasi, observasi atau pengamatan, dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan analisis interaktif, yang meliputi empat langkah kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan dalan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar IPA. Adapun peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari hasul observasi terhadap motivasi belajar IPA dari pra siklus sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi pada semua indikator pada setiap siklus. Indikator motivasi antusias 27,27%, 70,45%, 79,54%, 88,63%, 90,90%, semangat 25%, 75%, 84,09%, 86,36%, 86,36%, keberanian 20,45%, 72,72%, 77,27%, 86,36%, 88,63%, kecepatan 27,27%, 81,81%, 88,63%, 88,63%, 93,18%. hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar, IPA, Model, Pembelajaran, Group Investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2015 01:51
Last Modified: 15 Oct 2021 02:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31894

Actions (login required)

View Item View Item