Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Media Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Teladan Ppi Sragen Tahun Ajaran 2014 / 2015

Nanik, Nanik and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd.AUD (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Media Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Teladan Ppi Sragen Tahun Ajaran 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman depan.pdf

Download (546kB)
[img] PDF (Bab I)
04.Bab I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
05.Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab III)
06. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab V)
08. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui penggunaan media kartu kata pada anak kelompok B TK Teladan PPI Sragen. Jenis Penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa kemampuan berbahasa anak yang diambil melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B dan Guru TK Teladan PPI Sragen. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui media Kartu kata. Peningkatan tersebut yaitu pada prasiklus sebesar 40,56% , pada siklus I mencapai 63,06% dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 22,50 % . pada siklus II rata-rata pencapaian anak sebesar 83,61% dengan peningkatan sebesar 20.55%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media Kartu kata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Teladan PPI Sragen Tahun Ajaran 2014 / 2015

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa, media kartu kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Feb 2015 02:23
Last Modified: 20 Oct 2021 23:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31868

Actions (login required)

View Item View Item