Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Di Kelompok B TK Perwanida Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2014/2015

Sunarsi, Sunarsi and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2014) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Di Kelompok B TK Perwanida Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (284kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas dalam pengembangan bahasa anak ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui kegiatan bercerita dengan media boneka tangan kelompok B Taman Kanak-kanak (TK) Perwanida Sambirejo kabupaten Sragen semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan anak kelompok B Taman Kanak-kanak (TK) Perwanida Sambirejo kabupaten Sragen semester gasal tahun pelajaran 2014/2015 yang erjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif yaitu peneliti bekerjasama dengan teman sejawat. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berrbahasa anak maupun proses pembelajaran dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan teknik erbandingan yaitu membandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B Taman Kanak-kanak (TK) Perwanida Sambirejo Sambirejo kabupaten Sragen yaitu rata-rata persentase hasil belajar anak pada kondisi awal hanya 61,5%, pada siklus I hasil belajar anak 75 % dan pada siklus II hasil belajar meningkat lagi menjadi 82 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa, Bercerita, Boneka Tangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Feb 2015 08:20
Last Modified: 20 Oct 2021 23:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31863

Actions (login required)

View Item View Item