Sunarsi, Sunarsi and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2014) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Di Kelompok B TK Perwanida Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (284kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran .pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas dalam pengembangan bahasa anak ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui kegiatan bercerita dengan media boneka tangan kelompok B Taman Kanak-kanak (TK) Perwanida Sambirejo kabupaten Sragen semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan anak kelompok B Taman Kanak-kanak (TK) Perwanida Sambirejo kabupaten Sragen semester gasal tahun pelajaran 2014/2015 yang erjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif yaitu peneliti bekerjasama dengan teman sejawat. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berrbahasa anak maupun proses pembelajaran dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan teknik erbandingan yaitu membandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B Taman Kanak-kanak (TK) Perwanida Sambirejo Sambirejo kabupaten Sragen yaitu rata-rata persentase hasil belajar anak pada kondisi awal hanya 61,5%, pada siklus I hasil belajar anak 75 % dan pada siklus II hasil belajar meningkat lagi menjadi 82 %.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbahasa, Bercerita, Boneka Tangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Feb 2015 08:20 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 23:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31863 |
Actions (login required)
View Item |