Khairunisa, Amalia and , Drs. Muhroji, S. E., M. Si., M. Pd. (2014) Studi Komparasi Antara Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Tumang Dan SD N 3 Tumang Cepogo Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
PDF (BAb III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
PDF (Naskah Publkasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (812kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan penggunaan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan strategi pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SD N 1 Tumang dan SD N 3 Tumang, (2) Mengetahui strategi pembelajaran mana yang lebih baik antara strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan strategi pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SD N 1 Tumang dan SD N 3 Tumang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa SD N 1 Tumang dan SD N 3 Tumang, dan teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan mengambil sampel kelas V di SD N 1 Tumang dan kelas V di SD N 3 Tumang. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji keseimbangan dan uji normalitas. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan antara penggunaan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan strategi pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD N 1 Tumang dan SD N 3 Tumang. Hasil uji t -thitung < -ttabel yaitu -2.214 < -1.999. Rata-rata nilai hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah 6,49 dan rata-rata nilai hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran Number Head Together (NHT) adalah 7,24. Jadi, strategi pembelajaran Number Head Together (NHT) lebih baik daripada strategi pembelajaran ular tangga Think Pair Share (TPS).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Srategi Pembelajaran Number Head Together (NHT), Hasil Belajar IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Feb 2015 07:58 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 06:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31859 |
Actions (login required)
View Item |