Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Jari Tangan Pada Anak Kelompok B Semester I TK PGRI 3 Celep Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/ 2015

Suharti, Suharti and , Dra.Surtikanti, SH, M.Pd. (2014) Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Jari Tangan Pada Anak Kelompok B Semester I TK PGRI 3 Celep Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (282kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (155kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK PGRI 3 Celep, Kedawung, Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian iniyang menjadi subjek adalah anak didik kelompok B di TK PGRI 3 Celep sebanyak 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan, pengamatan dan refleksi. Target penelitian ini yaitu kondisi awal/ sebelum penelitian diharapkan 30% siswa yang mencapai TPP yaitu dengan kategori Masih Berkembang (MB), setelah siklus I diharapkan 60% yang mencapai TPP yaitu dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan setelah siklus II diharapkan ada 76% yang mencapai TPP yaitu Berkembang Sangat Baik (BSP) . Data pengembangan kemampuan berhitung melalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil persentase pencapaian setiap anak dengan persentase keberhasilan yang sudah ditentukan oleh peneliti pada setiap siklusnya dan analisis interaktif yaitu analisis data dimulai dari awal sampai berakhirnya pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah terjadi pengembangan kemampuan berhitung anak melalui permainan jari tangan.Hasil penelitian sebelum tindakan skor kemampuan berhitung pada 15 anak diperoleh hasil sebesar 37% (Mulai Berkembang), pada siklus I mencapai 70% ( Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II didapat hasil 78% (Berkembang Sangat Pesat) atau mengalami peningkatan sebesar 41% dari Pra Siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui permainan jari tangan dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak di TK PGRI 3 Celep Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Jari Tangan, Kemampuan Berhitung.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Feb 2015 05:25
Last Modified: 20 Oct 2021 23:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31854

Actions (login required)

View Item View Item