Sari, Yunita Permata (2014) Hubungan Antara Sikap Profesional Dengan Kualitas Pelayan Pada Perias Pengantin Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (887kB) |
Abstract
Kebutuhan masyarakat akan jasa penata rias pengantin tidak akan pernah berhenti, karena hal itu merupakan tuntutan kebutuhan manusia dewasa yang senantiasa terikat dengan tali perkawinan. Salah satu upaya pelayanan di bidang Tata Rias Pengantin adalah tersedianya tenaga perias pengantin yang memadai baik jumlah maupun kualitasnya masih sangat terbatas. Kualitas pelayanan memegang peran penting dalam dunia usaha jasa rias pengantin. Persaingan yang semakin ketat dalam bidang jasa rias pengantin membuat perias pengantin dituntut untuk memiliki kualitas pelayanan yang optimal. Akan tetapi dalam kenyataan tidak semua perias pengantin memiliki sikap profesional. Tujuan penelitian ini, yaitu ingin mengetahui: (1) Hubungan antara sikap profesional dengan kualitas pelayanan pada perias pengantin di Surakarta. (2) Peran sikap profesional terhadap kualitas pelayanan pada perias pengantin di Surakarta. (3) Tingkat sikap profesional dan kualitas pelayanan pada perias pengantin di Surakarta. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan positif antara sikap profesional dengan kualitas pelayanan pada perias pengantin di Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah para perias pengantin yang berjumlah 333 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah para perias pengantin yang ada di Surakarta, dengan jumlah sampel 70 orang. Alat ukur dalam penelitian ini meggunakan skala yaitu skala sikap professional dan skala kualitas pelayanan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara sikap professional dengan kualitas pelayanan. Maksudnya, semakin tinggi sikap profesional, maka semakin tinggi kualitas pelayanan. Sebaliknya, semakin rendah sikap professional, maka semakin rendah pula kualitas pelayanan subjek. (2) Peran sikap profesional terhadap kualitas pelayanan pada perias pengantin di Surakarta sebesar 0,157 atau 15,7%. Hal ini berarti masih terdapat beberapa variable lain yang mempengaruhi kualitas pelayanan sebesar 84.3% diluar variable sikap profesional. (3) Tingkat sikap profesional termasuk kategori tinggi dan kualitas pelayanan pada perias pengantin di Surakarta termasuk kategori sedang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap profesional dan kualitas pelayanan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Feb 2015 03:44 |
Last Modified: | 12 Feb 2015 03:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31848 |
Actions (login required)
View Item |