WURYAMTI, SRI and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Pengembangan kreativitas melalui permainan meronce pada anak kelompok b di tk banaran kecamatan kalijambe kabupaten sragen tahun ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II )
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab III )
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab V )
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (266kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas melalui permainan meronce pada anak didik kelompok B TK Banaran Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B, Banaran Kalijambe Sragen, tahun ajaran 2014/2015, yang terdiri dari 20 anak didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan deskriptif interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi pengembangan kreativitas dengan permainan meronce. Pengembangan kreativitas anak pada prasiklus mencapai 15%, pada siklus I meningkat menjadi 75% dan meningkat lebih baik lagi pada siklus II yaitu 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran memiliki peranan penting dalam mengembangkan kreativitas melalui permainan meronce. Dengan demikian terbukti bahwa penerapan permainan meronce dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B di TK Banaran Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Permaianan Meronce |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 12:23 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31823 |
Actions (login required)
View Item |