Pengembangan kreativitas melalui permainan meronce pada anak kelompok b di tk banaran kecamatan kalijambe kabupaten sragen tahun ajaran 2014/2015

WURYAMTI, SRI and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Pengembangan kreativitas melalui permainan meronce pada anak kelompok b di tk banaran kecamatan kalijambe kabupaten sragen tahun ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas melalui permainan meronce pada anak didik kelompok B TK Banaran Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B, Banaran Kalijambe Sragen, tahun ajaran 2014/2015, yang terdiri dari 20 anak didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan deskriptif interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi pengembangan kreativitas dengan permainan meronce. Pengembangan kreativitas anak pada prasiklus mencapai 15%, pada siklus I meningkat menjadi 75% dan meningkat lebih baik lagi pada siklus II yaitu 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran memiliki peranan penting dalam mengembangkan kreativitas melalui permainan meronce. Dengan demikian terbukti bahwa penerapan permainan meronce dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B di TK Banaran Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Permaianan Meronce
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 05 Feb 2015 12:23
Last Modified: 20 Oct 2021 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31823

Actions (login required)

View Item View Item