Rahmawati, Erin and , Drs. Djaelani, M.Pd and , Junita Dwi Wardhani, S.E. M,Ed (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di Tk Islam Kanita Tiara Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (11kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (982kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa lisan anak kelompok B di TK Islam Kanita Tiara Baki Sukoharjo melalui metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan untuk masing-masing siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Islam Kanita Tiara, yang berjumlah 16 dengan 11 orang anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data kemampuan bahasa lisan menggunakan teknik analisis komparatif dan analisis data pada metode bermain peran menggunakan teknik analisis interaktif dengan prosedur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kriteria ketuntasan (KKM) pada penelitian ini ≥ 2,6 dengan skala 1-4. Hasil penelitian pada prasiklus anak yang memperoleh skor ≥ 2,6 sebanyak 6 anak atau 37,5%. Pada siklus I anak yang memperoleh skor ≥ 2,6 sebanyak 11 anak atau 68,75%, dan pada siklus II anak yang memperoleh skor ≥ 2,6 sebanyak 14 anak atau 87,5%. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak kelompok B TK Islam Kanita Tiara Baki Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bahasa Lisan, Bermain Peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 12:18 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 16:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31809 |
Actions (login required)
View Item |