Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di Tk Islam Kanita Tiara Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Rahmawati, Erin and , Drs. Djaelani, M.Pd and , Junita Dwi Wardhani, S.E. M,Ed (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di Tk Islam Kanita Tiara Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (982kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa lisan anak kelompok B di TK Islam Kanita Tiara Baki Sukoharjo melalui metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan untuk masing-masing siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Islam Kanita Tiara, yang berjumlah 16 dengan 11 orang anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data kemampuan bahasa lisan menggunakan teknik analisis komparatif dan analisis data pada metode bermain peran menggunakan teknik analisis interaktif dengan prosedur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kriteria ketuntasan (KKM) pada penelitian ini ≥ 2,6 dengan skala 1-4. Hasil penelitian pada prasiklus anak yang memperoleh skor ≥ 2,6 sebanyak 6 anak atau 37,5%. Pada siklus I anak yang memperoleh skor ≥ 2,6 sebanyak 11 anak atau 68,75%, dan pada siklus II anak yang memperoleh skor ≥ 2,6 sebanyak 14 anak atau 87,5%. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak kelompok B TK Islam Kanita Tiara Baki Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa Lisan, Bermain Peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Feb 2015 12:18
Last Modified: 19 Oct 2021 16:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31809

Actions (login required)

View Item View Item