Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Dengan Intensi Turnover Karyawan Di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Boyolali

Puspitasari, Melisa Dwi (2014) Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Dengan Intensi Turnover Karyawan Di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (668kB)

Abstract

Niat karyawan untuk berhenti bekerja dari pekerjaannya di instansi terkait tentu akan membawa dampak yang tidak baik terhadap organisasi yang bersangkutan. Pikiran untuk berhenti bekerja dimulai dari adanya niat berhenti bekerja serta melakukan usaha-usaha untuk mencari pekerjaan baru. Oleh sebab itu hal ini harus segera di atasi agar dalam pencapaian tujuan organisasi berjalan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan transformasional dengan intensi turnover karyawan di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Boyolali. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara kepemimpinan transformasional dengan intensi turnover karyawan. Artinya semakin tinggi persepsi karyawan terhadap transformasional seorang pemimpin dihadapan karyawannya maka akan memberikan efek negatif pada tingkat intensi turnover para karyawan. Subjek dalam penelitian ini adalah para karyawan PDAM Kabupaten Boyolali. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive non random sampling dengan subjek sebanyak 110 orang dengan rincian: a.) bagian keuangan 8 orang, b.) bagian pelayanan pelanggan 10 orang, c.) bagian umum 42 orang, d.) bagian produksi 15 orang, e.) bagian transmisi & distribusi 15 orang, f.) bagian perencanaan & pemeliharaan teknik 20 orang dan menggunakan try out terpakai. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala intensi turnover dan skala kepemimpinan transformasional. Hasil analisis data dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Person diperoleh nilai (r) sebesar -0,460 dengan p = 0,000 berarti p<0,01 dapat disimpulkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kepemimpinan transformasional dengan intensi turnover karyawan. Artinya semakin tinggi persepsi karyawan terhadap transformasional seorang pemimpin dihadapan karyawannya maka akan memberikan efek negatif pada tingkat intensi turnover para karyawan. Intensi turnover pada subjek penelitian tergolong rendah dengan rerata empirik 67,34, sedangkan untuk persepsi kepemimpinan transformasional pada subjek penelitian tergolong tinggi dengan rerata empirik 120,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformasional, intensi turnover
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Feb 2015 10:28
Last Modified: 04 Feb 2015 10:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31803

Actions (login required)

View Item View Item