Septiana, Vuri and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2014) Implementasi Materi Kebencanaan Di Smp Mis (Modern Islamic School) Di Kampung Karengan Kelurahan Kampung Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (259kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon terhadap kejadian bencana dan mengembangan rencana pembelajaran di sekolah SMP MIS (Modern Islamic School) yang berkaitan tentang kurikulum bencana. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, kepedulian, untuk pengembangan rencana pembelajaran di sekolah SMP MIS (Modern Islamic School) yang berkaitan tentang kurikulum bencana Penelitian ini mengambil lokasi SMP MIS (Modern Islamic School) Kampung Karengan Kelurahan Kampung Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan pada para mengembang disekolah, guru, karyawan (penjaga sekolah dan TU). Guru yang berperan penting dalam menjalankan proses pembelajaran dan mengetahui kurikulum yang berlaku. Teknik analisis yang digunakan dalam hal ini adalah dengan wawancara dengan guru selanjutnya dideskripsikan. Teknik analisis ini digunakan untuk membahas tentang mitigasi bencana dan memberikan pemasukan untuk pengembangan kurikulum di sekolah. Analisis ini melalui tahapan pengambilan data menggunakan tindakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon Sekolah SMP MIS (Modern Islamic School) di Kampung Karengan Kelurahan Kampung Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta terhadap kejadian bencana sudah cukup baik, terbukti dalam kurikulum pendidikan sudah dimasukkan beberapa aspek kesiapsiagaan terhadap bencana. Pengembangan rencana pembelajaran di sekolah SMP MIS (Modern Islamic School) yang berkaitan tentang kurikulum bencana kurikulum Sekolah SMP MIS (Modern Islamic School) di Kampung Karengan Kelurahan Kampung Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta telah memenuhi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Namun diantara indikator kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, mobilisasi sumber daya rata-rata belum tercantum dalam kurikulum di Sekolah SMP MIS (Modern Islamic School) di Kampung Karengan Kelurahan Kampung Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | respon, kurikulum, kesiapsiagaan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 12:11 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 12:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31741 |
Actions (login required)
View Item |