Implementasi Materi Kebencanaan Di Smp Mis (Modern Islamic School) Di Kampung Karengan Kelurahan Kampung Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta

Septiana, Vuri and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2014) Implementasi Materi Kebencanaan Di Smp Mis (Modern Islamic School) Di Kampung Karengan Kelurahan Kampung Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (259kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon terhadap kejadian bencana dan mengembangan rencana pembelajaran di sekolah SMP MIS (Modern Islamic School) yang berkaitan tentang kurikulum bencana. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, kepedulian, untuk pengembangan rencana pembelajaran di sekolah SMP MIS (Modern Islamic School) yang berkaitan tentang kurikulum bencana Penelitian ini mengambil lokasi SMP MIS (Modern Islamic School) Kampung Karengan Kelurahan Kampung Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan pada para mengembang disekolah, guru, karyawan (penjaga sekolah dan TU). Guru yang berperan penting dalam menjalankan proses pembelajaran dan mengetahui kurikulum yang berlaku. Teknik analisis yang digunakan dalam hal ini adalah dengan wawancara dengan guru selanjutnya dideskripsikan. Teknik analisis ini digunakan untuk membahas tentang mitigasi bencana dan memberikan pemasukan untuk pengembangan kurikulum di sekolah. Analisis ini melalui tahapan pengambilan data menggunakan tindakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon Sekolah SMP MIS (Modern Islamic School) di Kampung Karengan Kelurahan Kampung Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta terhadap kejadian bencana sudah cukup baik, terbukti dalam kurikulum pendidikan sudah dimasukkan beberapa aspek kesiapsiagaan terhadap bencana. Pengembangan rencana pembelajaran di sekolah SMP MIS (Modern Islamic School) yang berkaitan tentang kurikulum bencana kurikulum Sekolah SMP MIS (Modern Islamic School) di Kampung Karengan Kelurahan Kampung Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta telah memenuhi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Namun diantara indikator kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, mobilisasi sumber daya rata-rata belum tercantum dalam kurikulum di Sekolah SMP MIS (Modern Islamic School) di Kampung Karengan Kelurahan Kampung Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: respon, kurikulum, kesiapsiagaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Jan 2015 12:11
Last Modified: 16 Oct 2021 12:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31741

Actions (login required)

View Item View Item