ARIANTI, ARIS and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2014) Persepsi Guru Matematika SMP Di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah Tentang Hambatan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (409kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (73kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan guru matematika SMP kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan adalah guru matematika SMP di sekolah sasaran Kurikulum 2013 kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisi data dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan yang dihadapi guru antara lain: (a) persiapan masih kurang, dikarenakan sosialisasi yang singkat sehingga kemampuan guru dalam memahami Kurikulum 2013 masih kurang. Misalnya guru masih mendominasi dalam kelas dan belum memahami pendekatan scientific, kesulitan membuat RPP, kesulitan menentukan indikator pencapaian kompetensi aspek spiritual, dan kesulitan proses penilaian, (b) Kemampuan peserta didik masih kurang dalam proses pembelajaran, yaitu mereka masih pasif, kurang komunikatif, belum mandiri, dan minat terhadap pelajaran matematika juga kurang, (c) sarana dan prasarana yang belum memadai, baik yang disediakan sekolah maupun pemerintah, misalnya penjabaran kalimat dalam buku ajar yang terlalu panjang, terdapat salah pengetikan simbol, terdapat latihan soal yang cukup sulit, latihan soal di buku siswa sedikit, belum adanya buku pendamping berbasis Kurikulum 2013; masalah Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) belum memadai; dan ketersediaan daya listrik di sekolah masih kurang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, hambatan, pelaksanaan, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 27 Jan 2015 12:38 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 23:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31732 |
Actions (login required)
View Item |