Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Penalaran Siswa Menggunakan Geogebra (PTK Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Tahun 2014/2015)

QODRI, HAMID and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Penalaran Siswa Menggunakan Geogebra (PTK Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (249kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (126kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan penalaran siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura dengan menggunakan Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dan kemampuan penalaran siswa. 1) siswa yang mampu menuliskan ide matematika sebelum tindakan 15,15% dan diakhir tindakan menjadi 66,67%, 2) siswa yang mampu menggambarkan ide dengan aljabar sebelum tindakan 33,33% dan diakhir tindakan menjadi 75,76%, 3) siswa yang mampu menyatakan ide melalui berbicara dan berdiskusi sebelum tindakan 21,21% dan diakhir tindakan menjadi 72,72%. Sedangkan peningkatan kemampuan penalaran sisiwa dilihat dari: 1) melakukan manipulasi matematika sebelum tindakan 30,30% dan diakhir tindakan menjadi 78,79%, 2) memeriksa keshahihan suatu argumen sebelum tindakan 18,18% dan diakhir tindakan menjadi 69,70%, 3) menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi sebelum tindakan 24,24% dan diakhir tindakan menjadi 69,70%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan penalaran siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Geogebra; Komunikasi; Penalaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Jan 2015 12:00
Last Modified: 17 Oct 2021 23:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31729

Actions (login required)

View Item View Item