LESTARI, WIJIANI NGUDI and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz (PTK pada siswa kelas XI EI SMK Harapan Kartasura tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (397kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (86kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran Team Quiz pada siswa kelas XI EI SMK Harapan Kartasura. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru metematika dan peneliti. Siswa kelas XI EI berperan sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 16 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, peneliti berperan sebagai observer, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peningkatan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari Indikator keaktifan siswa, yaitu: (1) Memperhatikan guru pada proses belajar mengajar, pra siklus 37,5%, siklus I 56,25%, siklus II 93,75%. (2) Mengajukan pertanyaan kepada guru, pra siklus 31,25%, siklus I 56,25%, siklus II 87,25%. (3) Mengerjakan soal di depan kelas, pra siklus 25%, siklus I 43,75%, siklus II 81,25%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran tipe Team Quiz dapat meningkatkan kemampuan keaktifan dan prestasi belajar matematika. Dilihat dari indikator prestasi belajar, yaitu: Hasil belajar matematika KKM ≥65, pra siklus 25%, siklus I 50%, siklus II 87,25%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran tipe Team Quiz dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar; Prestasi belajar ; Team Quiz. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 13:36 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31692 |
Actions (login required)
View Item |