KURNIAWATI, RIZKI FAJAR and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Peningkatan Partisipasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Learning Together (Lt) Dengan Strategi Everyone Is A Teacher Here (Eth) Pada Siswa Kelas VIIIc SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (801kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (197kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (626kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan prestasi belajar matematika melalui model learning together dengan strategi everyone is a teacher here. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research (CAR). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan dan subjek pemberi tindakan yaitu guru matamatika yang berkolaborasi dengan peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan 2 metode, yaitu metode pokok yang terdiri dari metode observasi dan metode tes. Kemudian metode bantu yang yang terdiri dari catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan prestasi belajar matematika melalui model learning together dengan strategi everyone is a teacher here. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator: (1) memberikan pendapat untuk pemecahan masalah 48,6 %, sebelum tindakan 28,6% dan tindakan terakhir 62,9%, (2) mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru 91,5%, sebelum tindakan 14,3% dan tindakan terakhir,100 %, (3) mempunyai tanggung jawab sebagai anggota kelompok 51,5 %, sebelum tindakan 45,8 % dan tindakan terakhir 74,3%, (4) peningkatan presatasi belajar matematika ≥ 65 adalah 45,8%, sebelum tindakan 40% dan tindakan terakhir 65,8%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model learning together dengan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | everyone is a teacher here, learning together, partisipasi, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 12:33 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31684 |
Actions (login required)
View Item |