Peningkatan Partisipasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Learning Together (Lt) Dengan Strategi Everyone Is A Teacher Here (Eth) Pada Siswa Kelas VIIIc SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

KURNIAWATI, RIZKI FAJAR and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Peningkatan Partisipasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Learning Together (Lt) Dengan Strategi Everyone Is A Teacher Here (Eth) Pada Siswa Kelas VIIIc SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (801kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (626kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan prestasi belajar matematika melalui model learning together dengan strategi everyone is a teacher here. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research (CAR). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan dan subjek pemberi tindakan yaitu guru matamatika yang berkolaborasi dengan peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan 2 metode, yaitu metode pokok yang terdiri dari metode observasi dan metode tes. Kemudian metode bantu yang yang terdiri dari catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan prestasi belajar matematika melalui model learning together dengan strategi everyone is a teacher here. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator: (1) memberikan pendapat untuk pemecahan masalah 48,6 %, sebelum tindakan 28,6% dan tindakan terakhir 62,9%, (2) mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru 91,5%, sebelum tindakan 14,3% dan tindakan terakhir,100 %, (3) mempunyai tanggung jawab sebagai anggota kelompok 51,5 %, sebelum tindakan 45,8 % dan tindakan terakhir 74,3%, (4) peningkatan presatasi belajar matematika ≥ 65 adalah 45,8%, sebelum tindakan 40% dan tindakan terakhir 65,8%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model learning together dengan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: everyone is a teacher here, learning together, partisipasi, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Jan 2015 12:33
Last Modified: 17 Oct 2021 22:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31684

Actions (login required)

View Item View Item