Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi IPS SMA MtA Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Wahyuningsih, Desinta Anggar and , Dra. Titik Asmawati, SE, M.Si, (2014) Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi IPS SMA MtA Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (266kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh professionalism guru terhadap motivasi belajar , 2) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar, 3) pengaruh profesionalisme guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA MTA Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 152 siswa dengan sampel 105 siswa yang diambil melalui metode proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, Sumbangan Efektif dan Relatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 2,156 + 0,075 X1 + 0,928 X2, artinya motivasi belajar dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan pemanfaatan media pembelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) profesionalisme guru berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variable profesionalisme guru sebesar 2,015 sehingga thitung > ttabel atau 2,015 >1,954 dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. (2) pemanfaatan media pembelajaran sebesar 10,419 sehingga thitunguntuk variable pemanfaatan media pembelajaran sebesar 10,419 sehingga thitung > ttabel atau 10,419 > 1,954 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) profesionalisme guru dan pemanfaatan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA MTA Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh hasil F hitung sebesar 72,666 sehingga Fhitung > Ftabel atau 72,666 > 2,684 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4) hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,5888, dengan profesionalisme guru sebesar 2,7% dan pemanfaatan media pembelajaran sebesar 56,1%, berarti 58,8% motivasi belajar dipengaruhi oleh profesionalism guru dan pemanfaatan media pembelajaran, sisanya sebesar 41,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Profesionalisme guru, Pemanfaatan Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Jan 2015 12:56
Last Modified: 13 Oct 2021 14:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31648

Actions (login required)

View Item View Item