Wahyuningsih, Desinta Anggar and , Dra. Titik Asmawati, SE, M.Si, (2014) Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi IPS SMA MtA Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (278kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (266kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh professionalism guru terhadap motivasi belajar , 2) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar, 3) pengaruh profesionalisme guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA MTA Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 152 siswa dengan sampel 105 siswa yang diambil melalui metode proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, Sumbangan Efektif dan Relatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 2,156 + 0,075 X1 + 0,928 X2, artinya motivasi belajar dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan pemanfaatan media pembelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) profesionalisme guru berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variable profesionalisme guru sebesar 2,015 sehingga thitung > ttabel atau 2,015 >1,954 dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. (2) pemanfaatan media pembelajaran sebesar 10,419 sehingga thitunguntuk variable pemanfaatan media pembelajaran sebesar 10,419 sehingga thitung > ttabel atau 10,419 > 1,954 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) profesionalisme guru dan pemanfaatan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA MTA Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh hasil F hitung sebesar 72,666 sehingga Fhitung > Ftabel atau 72,666 > 2,684 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4) hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,5888, dengan profesionalisme guru sebesar 2,7% dan pemanfaatan media pembelajaran sebesar 56,1%, berarti 58,8% motivasi belajar dipengaruhi oleh profesionalism guru dan pemanfaatan media pembelajaran, sisanya sebesar 41,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Profesionalisme guru, Pemanfaatan Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 20 Jan 2015 12:56 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 14:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31648 |
Actions (login required)
View Item |