Saputro, Madarina Madiyan and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. (2014) Analisis Wacana Persuasif Pada Brosur Penawaran Layanan Jasa Bimbingan Belajar Di Kota Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (606kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini (1) mengetahui sejarah terbentuknya lembaga bimbingan belajar di kota Boyolali pada masing-masing lembaga bimbingan belajar, (2) memaparkan isi wacana persuasif pada brosur layanan jasa bimbingan belajar di kota Boyolali, (3) menganalisis strategi wacana persuasif pada setiap lembaga bimbingan belajar di kota Boyolali. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Subjek yang dikaji pada penelitian ini adalah wacana persuasif, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah brosur penawaran bimbingan belajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data tertulis berupa brosur dan sumber data lisan dari para staf pengajar. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan intraligual. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa, dari ketiga lembaga bimbingan belajar, lembaga yang paling tua adalah lembaga bimbingan belajar Neutron yang didirikan pada tahun 1991, lembaga bimbingan belajar Pelita Harapan Indonesia didirikan pada tahun 1999, dan lembaga bimbingan belajar Smart Center didirikan pada tahun 2008. Isi wacana persuasif pada brosur terdiri (1) judul, (2) fasilitas yang diberikan, (3) garansi yang diberikan, (4) iming-iming, (5) alamat, dan (6) ilustrasi lain. Strategi wacana persuasif brosur meliputi (1) menggunakan kata yang sedang trend, (2) metode pengajaran yang berbeda, (3) menyatakan guru yang berpengalaman, (4) adanya tes konklusi, (5) adanya presensi sidik jari, (6) kebebasan menentukan jadwal, dan (7) keringanan biaya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan belajar, strategi persuasif, wacana persuasif. |
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 12:29 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31605 |
Actions (login required)
View Item |